Blu-ray vs HD-DVD – Lowdown pada format yang bertikai

Tujuan blu-ray dan HD-DVD saat ini adalah untuk mendapatkan dukungan publik secepat mungkin dan pada akhirnya konsumenlah yang akan menentukan format mana yang keluar. Dengan pembicaraan unifikasi yang gagal terserah kepada Anda untuk membuat keputusan format mana yang akan diadopsi. Untuk membantu Anda dengan keputusan sulit ini adalah lowdown tentang bagaimana setiap format cocok di bawah ini. kunjungi juga ditumbas.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar teknologi,gadget dan berita lainnya.

Blu-ray vs HD-DVD - Lowdown pada format yang bertikai

Sejarah

Perusahaan kepala format blu-ray adalah Sony dan Philips dengan Toshiba dan Hitachi menuju format HD-DVD. Situasi ini bukan pertama kalinya kedua belah pihak saling bertukar format. Format DVD lahir dari kerjasama Multimedia Compact Disc dari Sony / Philips (MMCD) dan Super Density Disc (SD) dari Toshiba. Meskipun itu berakhir dengan baik bagi konsumen dengan format DVD yang diadopsi secara luas dan menjadi standar baru, adalah kamp Toshiba yang keluar di atas dalam hal royalti.
Hal ini menyebabkan pengerjaan pada format baru oleh kedua belah pihak dengan Sony bertujuan untuk mendapatkan kembali beberapa pasar yang hilang. Kedua proyek tersebut sudah dalam produksi tetapi tidak benar-benar pergi ke mana pun pada saat itu. Disk Profesional untuk Data (PDD) Sony menjadi format blu-ray sementara Cakram Optik Canggih Toshiba menjadi HD-DVD. Ini membawa kita kembali ke situasi semula di mana ada dua format bersaing dengan penyatuan yang tampak jauh lebih kecil kemungkinannya.

Teknis

Baik blu-ray dan HD-DVD menggunakan panjang gelombang 405nm namun track pitch yang lebih kecil pada blu-ray (lihat Blu-ray Disc) memungkinkan lebih banyak informasi untuk diperas dan memberikan kapasitas yang lebih besar. Namun track pitch yang berbeda membuat kedua format ini tidak kompatibel. Lapisan permukaan keduanya juga berbeda karena HD-DVD menggunakan lapisan 0,6mm mirip dengan DVD sedangkan blu-ray menggunakan lapisan plastik bening 0,1mm.
Perbedaan ini adalah alasan utama mengapa biaya lebih tinggi dengan blu-ray. Metode produksi yang mahal diperlukan untuk dapat membuat cakram dan lapisan yang keras harus diterapkan untuk membuat cakram yang tahan terhadap debu dan sidik jari.

Kapasitas

Blu-ray saat ini menawarkan cakram dalam 25GB untuk lapisan tunggal dan 50GB untuk lapisan ganda. Namun TDK telah mulai bekerja pada disk 200gb yang merupakan lapisan 6x33gb.
HD-DVD hadir dalam 15GB untuk lapisan tunggal dan 30GB untuk lapisan ganda. Tes terbaik sejauh ini telah mencapai 45GB tetapi 60GB adalah batas teoretis. Ini menunjukkan bahwa maksimum untuk HD-DVD hanya 10gb lebih dari yang dapat ditawarkan blu-ray.

Codec

Kedua format menggunakan codec yang sama untuk memutar video karena keduanya dapat memutar standar dan definisi tinggi. Ini berarti bahwa MPEG-2, Microsoft Video Codec 1 (alias VC1, WMV HD, dll.) Dan H.264 / MPEG-4 AVC semuanya didukung pada kedua format.

Keamanan

Baik blu-ray dan HD-DVD harus menggunakan output terenkripsi HDCP dan Advanced Access Content System (AACS). HDCP dan AACS wajib untuk semua disk dengan video HD.
Blu-ray juga menggabungkan teknologi watermarking ROM-Mark dan kripto dinamis BD yang menghasilkan kunci khusus untuk kumpulan disk.
HD-DVD menggunakan sistem serupa dalam teknologi Volume Identifying.

Mendukung

Kedua format sangat didukung baik di industri Elektronik Konsumen (CE) dan Teknologi Informasi (TI). Namun blu-ray memiliki porsi yang lebih baik dari studio film dan game nama besar yang mendukungnya yang penting agar konten dalam jumlah yang siap saat diluncurkan. Lihat di bawah untuk daftar studio Pendukung:

Blu-ray

20th Century Fox
Buena Vista Home Entertainment
Seni Elektronik
Studio MGM
Paramount Pictures
Hiburan Gambar Sony
Perusahaan Walt Disney
Vivendi Universal Games
Warner Bros.

HD-DVD

Buena Vista Home Entertainment
Bioskop Line Baru
Paramount Pictures
Perusahaan Walt Disney
Studio Universal
Warner Bros.

Josh Biggs adalah pendiri Blu-ray-review.co.uk yang memberikan pengunjung sumber daya untuk semua ulasan berita dan produk blu-ray terbaru dengan diskusi komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *