Temukan Rahasia Emosional

Dapatkah Anda mengingat iteachweteach.com saat ketika Anda menjadi sedikit kesal dengan seseorang dan membuat komentar tajam yang mungkin menyakitkan, yang kemudian Anda sesali? Pernahkah Anda menggeliat kesakitan karena penderitaan emosional karena kehilangan atau kehilangan kesempatan? Apakah Anda ingat saat ketika Anda merasa begitu diliputi oleh emosi sehingga Anda menarik diri dari segala sesuatu dan semua orang? Dalam salah satu kasus ini, pada tingkat yang lebih rendah atau lebih besar, bagian emosional otak Anda telah menghasilkan respons yang meragukan atau mungkin respons yang mungkin Anda sesali nanti.

6 Rahasia Kontrol Emosi dari Si Penyabar - Lifestyle Liputan6.com

Para peneliti umumnya setuju bahwa ada sistem ‘alarm’ yang tepat di otak. Sistem ini secara efektif mengesampingkan bagian berpikir dari otak Anda dalam keadaan darurat dan menyebabkan tindakan atau reaksi yang dapat menyelamatkan nyawa.

Sistem yang sama menyebabkan masalah bagi Anda ketika menciptakan respons yang tidak pantas dan tidak masuk akal dalam kehidupan sehari-hari Anda dalam situasi yang tidak mengancam jiwa. Mungkin orang yang Anda cintai melihat kemarahan Anda dan itu menyakiti mereka atau hubungan Anda dengan mereka. Mungkin Anda mengalami konsekuensi lain yang seharusnya dapat dihindari jika Anda memiliki kendali yang lebih besar atas otak emosional Anda.

Anda dapat melakukan kontrol atas bagian reaksioner dari materi abu-abu Anda. Langkah pertama adalah menyadari mengapa respons yang tidak diinginkan dan tampaknya tidak terkendali ini terjadi. Menyadari bahwa sistem alarm emosional Anda terkadang terpicu pada waktu yang tidak tepat adalah setengah dari perjuangan. Dengan kesadaran, Anda akan siap untuk mengambil langkah berikutnya.

Menggunakan keinginan Anda untuk menghasilkan keadaan yang lebih tenang adalah langkah kedua. Anda akan ingin mengerahkan beberapa upaya dari bagian rasional atau berpikir dari otak Anda. Pikiran berpikir Anda tidak boleh malu-malu dan harus sedikit lebih kuat dalam menerapkan pengaruh sadar atas reaksi emosional Anda. Anda dapat belajar mengendalikan respons alarm dengan ketekunan dan kesabaran dan mengatur ulang ambang batas ke ‘pengaturan’ yang lebih tepat.

Begitu Anda mulai mengenali respons emosional sebelum itu terjadi, Anda mulai mengembangkan kemampuan untuk menghentikan respons itu dan melibatkan bagian otak Anda yang lebih rasional.

Ketika berhasil, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak lagi ‘membentak’ orang lain. Anda akan lebih bahagia dan sisi emosional Anda tidak akan berlari kencang seperti tim kuda yang lepas kendali berpacu dengan gerobak rasionalitas Anda.

Alih-alih, Anda mungkin mendapati diri Anda menjadi lebih tenang, lebih santai, dan lebih mampu menangani situasi dengan cara yang membantu semua orang dan memungkinkan orang yang luar biasa seperti diri Anda sebenarnya untuk bersinar.

Merdeka Mengungkapkan Perasaan, 4 Alasan Emosional Itu Wajar - Lifestyle  Fimela.com

Mengembangkan sifat yang lebih welas asih dan ramah dapat membantu. Menjadi kurang cepat untuk menilai suatu situasi dan lebih memahami pelanggaran yang dirasakan orang lain mungkin berguna dalam mengatur ulang ambang batas sistem alarm emosional Anda.

Menghilangkan pikiran untuk berdebat atau berkelahi dengan orang lain juga dapat membuat Anda berada dalam kondisi pikiran yang lebih baik. Membiarkan hal-hal terjadi secara alami dan melepaskan kebutuhan untuk mengendalikan setiap situasi akan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri dan dunia di sekitar Anda.

Pertimbangkan untuk mempraktikkan nasihat bijak yang berasal dari sumber yang paling tidak biasa, stiker bemper. Anda mungkin pernah melihat orang-orang yang mengatakan, “Saya mempraktekkan tindakan kebaikan secara acak’ Jika Anda secara aktif melakukannya, Anda mungkin menemukan ambang Anda untuk respons emosional secara alami menyesuaikan ke atas.

Memeriksa tanggapan yang tidak pantas adalah alasan yang bagus untuk memperhatikan emosi dan perasaan Anda. Namun, ada manfaat yang lebih positif yang belum disebutkan.

Pertimbangkan kutipan ini dari sampul depan bagian dalam buku Daniel Goleman, “Emotional Intelligence”. “Kecerdasan Emosional mencakup kesadaran diri dan kontrol impuls, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan ketangkasan sosial. Ini adalah kualitas yang menandai orang-orang yang unggul dalam kehidupan nyata: yang hubungan intimnya berkembang, yang menjadi bintang di tempat kerja. Ini adalah ciri karakter dan disiplin diri, altruisme dan belas kasih – kapasitas dasar yang dibutuhkan jika masyarakat kita ingin berkembang”.

Jelas, Anda memiliki kekuatan untuk membuat perubahan yang sangat meningkatkan kualitas hidup Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Jawabannya ada di dalam dan dapat mengubah dunia Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.